Cara Menggunakan Perintah Polygon Autocad

Cara menggunakan perintah Ploygon pada Autocad tidak lah sesulit yang dibayangkan. Dengan mengikuti tutorial sederhana ini sehingga anda sudah bisa dengan mudah aplikasi kan command Polygon Autocad pada gambar 2D yang akan dikerjakan.

Command Polygon adalah perintah yang digunakan untuk membuat objek Autocad yang menghasilkan bangun ber- segi sama sisi. Entah itu segitiga, segi 4, segi 5, segi 6, segi 7 dan seterusnya. Manfaat dari perintah Polygon ini yaitu dapat berfungsi membantu perkerjaan menggambar bangun dengan segi berapapun di Autocad dengan sangat cepat.

Tanpa harus melakukan penghitungan sudut dan pengabungan satu persatu garis Autocad secara manual yang akan dibuat. Misalnya kita akan membuat bangun segitiga sama sisi secara manual tanpa perintah Polygon. Maka kita harus tau berapa sudut yang harus dimasukkan dengan perhitungan SIN, COS, TAN sesuai besar segitiga sama sisi yang akan dibuat. Ribet kan?

Sehubungan dari itu semua sehingga Autocad menciptakan sebuah command yakni Polygon. Polygon ini sering saya gunakan untuk membuat bangun dengan segi banyak yang ditentukan dengan besar radius (jari-jari) lingkaran. Panduan untuk menggunakan Polygon yang akan saya buat secara dasar ini hanya memerlukan beberapa langkah memasukkan parameter.

Yang perlu diperhatikan saat mengoperasikan command Polygon ini adalah berapa besar jari-jari lingkaran dari segi object ACad yang mau diciptakan. Bangun yang dihasilkan dari perintah ini berbentuk Polyline atau garis yang saling berhubungan, hal ini akan banyak berfungsi saat pengambaran objek 3D autocad.

Cara Operasikan Perintah Polygon Pada Autocad


Langkah pertama saya pastikan anda sudah membuka program Autocad dan berada dilembar kerja.

Kedua coba masukkan shorcut perintah Polygon dengan mengetikkan POL di command bar lalu akhiri dengan enter.


Kemudian pada langkah selanjutnya, pada command bar akan keluar ‘POLYGON enter number of sides < >: ‘ ini artinya, Autocad menanyakan berapa banyak sisi objek yang akan dibuat?

Sebagai contohnya saya akan ketikkan 6 lalu tekan enter


Selanjutnya keluar ‘Specify center of polygon or [Edge]’ : pada command bar. Tentukan titik center pada display / lembar kerja Auto CAD dari bangun yang mau dibuat. Klik di diplay

Langkah berikutnya pada default perintah ini telah terpilih pilihan “I” pada ‘Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I> :’ Lalu langsung tekan enter


Tekan tombol F8 pada keyboard untuk membentuk objek sejajar sumbu X atau Y

Di command bar akan muncuk ‘Specify radius of circle :’ Nah pada langkah ini anda diharuskan mengisi radius dari objek. Ketikkan nilai radius sesuai keinginan lalu tekan enter. Saya akan memasukkan dimensi radius 50mm akiri dengan enter

Lihat hasilnya pada screenshot dibawah ini


Kita akan coba buktikan dan cek dimensinya. Apakah sudah benar dengan radius 50mm untuk bangun segienam yang telah kita buat.


Secara pengalaman saya, untuk pengunaan Autocad 2000 sampai Autocad 2010 cara menggunakan perintah Polygon ini tetap sama seperti panduan diatas. Jadi tetap dapat digunakan dan ini bisa dikembangkan sesuai kebutuhan mengambar di Auto Cad. Sekian dan terima kasih

0 Response to "Cara Menggunakan Perintah Polygon Autocad"