Cara Menggunakan Perintah PEDIT Pada Autocad

Cara Menggunakan Perintah PEDIT Pada Autocad - Pedit adalah command autocad yang berfungsi untuk edit dan menggabungkan garis menjadi satu kesatuan yang biasa disebut Join. Join sangat berguna disaat gambar objek 3D pada autocad. Meski bisa juga menggunakan perintah Polyline yang dapat digunakan untuk buat garis saling berhubungan.

Karena perintah Pedit sangat erat hubungannya ketika membuat 3D drawing, coba pahami penjelasan dalam artikel ini. Sebelum membentuk objek 3D dengan perintah Extrude atau Revolve di Auto CAD, garis yang tidak berhubungan harus di join terlebih dahulu. Perintah Revolve sendiri tidak akan mengenali objek yang di select sebelum kita membuat garis-garis tersebut saling berhubungan.

Bagi pembaca setia blog ini atau pembaca baru, boleh ikuti terus update-nya karena secara perlahan tutorial-tutorial yang saya buat akan mengarah pada cara menggambar 3D di Autocad. Seperti saat saya membuat panduan perintah Pedit yang nantinya akan saya tulis artikel yang berhubungan dengan perintah ini yaitu tutorial menggunakan Extrude, Revolve dan perintah-perintah dasar untuk gambar 3D autocad.

Tutorial Autocad memang banyak bertebaran di dunia maya, tetapi anda harus menjadi pembaca yang selektif. Belum tentu artikel yang masuk halaman satu Google sudah dipraktekkan oleh penulis blog.

Kembali pada topik command Pedit Autocad yang bermanfaat juga ketika susah melakukan Hatch pada objek yang akan saya arsir. Dengan menggunakan sedikit trik Pedit untuk akali garis yang tidak tertutup.

Cara Menggabungkan Obyek Di Autocad Dengan Pedit


1. Buka lembar kerja Auto CAD
2. Untuk praktek buatlah gambar seperti berikut ini atau boleh di download file dwg nya untuk belajar menggunakan perintah Pedit yang nantinya akan berlanjut untuk proses perintah 3D Revovle

Download contoh gambar Autocad

3. Setelah diunduh buka file tersebut, Untuk menggunakan Pedit, ketikkan perintah autocad dengan keyboard Pedit kemudian tekan Enter / Spasi


4. Maka kursor akan berubah menjadi kotak untuk seleksi objek yang belum berhubungan menjadi satu kesatuan. Selanjutnya ketik M akhiri dengan enter, sekalipun tanpa memilih M atau Multiple anda bisa seleksi line yang akan digabungkan tetapi memilihnya secara satu persatu jadi terlalu lama kan!


5. Kemudian blocking garis pada contoh gambar yang telah di download tadi dengan Trik pemilihan (block) secara cepat objek di Autocad.

6. Pada command bar akan keluar laporan banyaknya garis yang terpilih. (10 Found). Selanjutnya tekan tombol enter


7. Langkah berikutnya Autocad akan menanyakan ‘Convert Lines, Arcs and Splines to polylines [Yes/No] ? <Y> ‘. Tekan Y pada keyboard atau langsung tekan enter


8. Cara untuk join objek Autocad tersebut dengan menekan shortcut keyboard “J” enter



9. Kemudian tekan enter sekali lagi. Lalu ESC untuk keluar di perintah Pedit dan lihat hasilnya pada screenshot berikut ini. Untuk mengeceknya dekatkan kursus pada salah satu garis. Gimana berhasil kan? :)



Kesimpulan: Cara edit garis dengan perintah PEDIT ini merupakan solusi yang lebih cepat untuk men-join garis yang tidak berhubungan dengan jumlah banyak sekalipun. Karena tanpa melakukan perintah POLYLINE, anda sudah bisa membuat Polyline di CAD. Dan perintah ini adalah lawan Explode pada Autocad.

Sekian tutorial cara menggabungkan garis pada Autocad. Kalian mempunyai pendapat lain atau cara lain untuk menggunakan nya. Bisa share pada kolom komentar dibawah.

0 Response to "Cara Menggunakan Perintah PEDIT Pada Autocad"