Cara Merubah Background Autocad Semua Versi

Cara rubah warna display atau background Autocad kelihatannya memang sepele, tetapi ini sangat penting bagi yang belum tahu. Karena selera warna background dari si drafter Autocad yang berbeda maka saya akan membagikan cara setel warna background tersebut.

Untuk yang suka display autocad dengan warna yang gelap, lebih soft dan tidak silau dimata biasanya memilih warna hitam atau abu-abu gelap. Dan sebaliknya jika mereka lebih suka warna cerah, memilih warna background display putih atau warna cerah lainnya.

Cara setel display autocad pun sangat gampang kok, dengan mengikuti beberapa langkah maka anda sudah bisa mengubah warna tersebut. Agar dalam proses gambar di Acad lebih jelas perbedaan garis, layer dan background dalam mode 2D atau 3D.

Maka dengan pembuatan artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tahap praktis dalam mengubah warna background auto cad. Anda boleh membaca lebih lanjut jika memang belum paham terhadap apa yang akan saya sampaikan ini. Dan perlu diingat tutorial ini bisa diterapkan pada semua versi meski saya menggunakan Autocad 2010 pada contoh.

Pada software CAD (Computer Aided Design) lainnya cara setel warna ini berbeda penempatan tombol settingnya. Seperti pada Solidworks untuk menyetel backgroud nya memerlukan masuk menu yang tidak begitu banyak. Tetapi lain halnya dengan di program Autocad.

Simak sebagai berikut untuk cara setting warna display Autocad semua versi


Terlebih dahulu buka software Autocad anda melalui shortcut di desktop atau melalui start menu pada Windows

Perhatikan pada menu bar Autocad anda, selanjutnya pilih menu Tools


Kemudian akan muncul banyak sub-menu di Autocad. Langsung fokuskan penglihatan anda pada bagian bawah sub-menu tersebut. Lalu pilih Options


Langkah berikutnya akan keluar tampilan Window dari sub menu Options. Terdapat banyak pilihan setelan disitu. Tetapi anda hanya perlu memilih tombol ‘Display’ klik pada tombol tsb. Sehingga akan keluar tampilan sepeti pada gambar berikut ini

Sekarang pilih tombol ‘Colors’ untuk masuk pilihan warna display yang ingin diganti.


Selanjutnya perhatikan gambar dibawah pada ‘Context’ ada banyak mode yang ingin di edit warna background nya
- 2D model space
- Sheet / Layout
- 3D parallel projection
- 3D prespective projection
- Block editor
- Command line
- Plot preview

Pilih backrground mode sesuai yang ingin dirubah, jika anda memilih default pada ‘2D model space’ dengan Interface elements ‘ Uniform background’ maka warna yang berubah hanya pada mode 2D model saja.


Langkah berikutnya masuk pada hirarki menu ‘Color’, nah pada menu inilah anda bisa merubah warna tersebut. Banyak pilihan warna disana sesuaikan dengan selera anda.


Pilih salah satu warna kemudian pada contoh saya akan memilih warna Black, maka hasil preview-nya akan tampak pada gambar berikut


Proses selanjutnya adalah ketika warna dirasa sudah cocok pilih tombol ‘Apply & Close’. Sehingga display model pada mode 2D anda seketika akan menjadi warna hitam.

Mudah kan cara merubah background Autocad semua versi yang pada kesempatan ini saya bagikan untuk anda. Jangan lupa Ikuti - Komen - Share ke social media. Dan semoga menjadi tutorial yang bermanfaat. Amin

0 Response to "Cara Merubah Background Autocad Semua Versi"

DMCA.com Protection Status