Cara Membuat Arsiran Menggunakan Hatch Pada Autocad

Cara membuat arsiran pada Autocad pada tema belajar kali ini merupakan bagian dari perintah dasar Autocad. Karena pentingnya command Hatch di bidang teknik mesin atau teknik gambar bangunan, Saya akan buat artikel ini berdasarkan pengalaman.

Fungsi Hatch pada Autocad adalah perintah untuk membuat arsiran objek tertutup tanpa melalui kotak dialog. Arsiran bisa berupa gradient, solid, tekstur, atau standar internasional yang telah ditentukan.

Untuk intensitas penggunaannya, perintah Hatch ini banyak digunakan pada gambar arsitektur  yang sering kita jumpai untuk memberi tekstur lantai, batu, kayu, dinding, atap dan lainnya. Dalam gambar mekanikal juga tidak sedikit penerapannya, seperti di drawing 2D untuk buat detail potongan (section) dan ini sangat berguna untuk membedakan mana yang di potong dan tidak.

Cara Membuat Arsiran Menggunakan Hatch Pada Autocad


Simak dan ikuti langkah-langkah untuk cara mengatur Hatch pada Autocad. Pada contoh ini Saya akan menerapkan pada gambar mekanikal dengan Autocad 2010.

1. Tahap pertama buka program Autocad atau buka salah satu file dwg yang Anda punya
2. Selanjutnya ketikkan shortcut Hatch yaitu H lalu enter.
Maka akan muncul pop-up window seperti tampak pada screenshot.

Cara memberi Hatch pada Autocad
3. Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis arsir yang akan digunakan. Dengan cara melihat bagian “Pattren:” klik pada pilihan Hatch (tanda kotak merah). Lihat gambar berikut.


Kemudian akan muncul tampilan “Hatch Pattern Pallete” dibawah ini. Dan pilihlah pada tab ANSI > > ANSI131 lalu klik OK


4. Lalu lihat pada kolom “Pattren” dan “Swatch” kedua kolom telah berubah karena Anda sudah set pada langkah sebelumnya. Berikutnya pilih di tab “Boundaries” untuk menentukan batasan Hatch. Ada dua metode :

- Add: Pick points : untuk memilih batasan dengan menentukan point dari luas bidang arsiran
- Add: Select objects : untuk menentukan batasan dengan memilih garis secara konvensional

Pilih mode “Add: Pick points” karena ini yang sangat mudah


5. Setelah itu akan kembali pada layar lembar kerja dan siap menentukan point, usahakan saat klik pointnya tepat dibagian dalam objek tertutup. Seperti pada contoh screenshot Roller ini.


6. Klik tombol “Preview” dulu untuk melihat hasil Hatch sebelum benar-benar ok, jika kerapatan garis arsiran sudah sesuai klik tombol “OK”. Untuk mengubah kerenggangan garis dengan mengatur besar dimensi dibagian “Scale” dan “Angel” untuk kemiringan.


Tips: Bila gagal saat memilih pick point Hatch karena pada bagian objek tidak semua tertutup. Lakukan dengan mengakalinya menggunakan Fillet radius 0 dipojok-pojok garis yang dirasa masih belum tertutup. Jika gagal tandanya ketika “Preview” garis arsiran akan menembus garis lainnya yang harapannya tidak diarsir.

7. Setelah di klik tombol “OK” hasilnya akan seperti berikut ini.


Pada tahap ini kita sudah memparktekkan cara menggunakan Hatch pada Autocad untuk membuat arsiran yang biasa Saya gunakan untuk buat Section View. Demikian penyampaian sederhana yang bisa saya tulis di blog cadtutorialz. Salam..!

0 Response to "Cara Membuat Arsiran Menggunakan Hatch Pada Autocad "