Cara Memecah Obyek Menggunakan Explode Di Autocad

Bagaimana cara untuk memecah objek garis di AutoCAD yang tersambung satu sama lain? Perintah Explode di autocad ini digunakan untuk memisahkan obyek Polyline atau setelah dilakukan PEDIT (join).

Command Explode dapat diterapkan sebagai pemecah model 2D dan 3D. Sebelum jauh melakukan praktek sebaiknya pahami uraian dibawah ini, mungkin bisa anda jadikan referensi dalam proses mengerjakan Drawing Auto CAD.

Cara Explode Auto Cad ini dapat disebut juga lawan dari cara menggabungkan objek Autocad dengan perintah PEDIT. Pada penerapannya perintah ini sering saya gunakan ketika ingin mengedit Polyline saat terjadi kesalahan.

Tidak afdol rasanya jika sudah mengetahui cara menggunakan perintah Pedit Autocad tetapi belum bisa cara memisahkan garis dari hasil join tersebut. Berkaitan dengan hal itu saya ingin melengkapi koleksi melalui blog tutorial Autocad ini untuk membantu para pemula, entah itu pelajar, mahasiswa, calon Drafter atau umum.

Cara mudah untuk mengingat fungsi dari Explode adalah dengan mengamati ikonnya di toolbar. Perintah ini mempunyai ikon bergambar kubus terpecah yang termasuk dari bagian toolbar Modify.

Tapi pada tutorial kali ini dan pada artikel-artikel sebelumnya saya banyak memberikan panduan menggunakan keyboard di Autocad, karena nanti akan mempengaruhi kecepatan menggambar.

Saya merekomendasikan bagi pemula untuk terus belajar membiasakan pakai keyboard shortcut  Autocad, ini untuk menunjang agar saat mengerjakan gambar yang detail baik Redraw atau gambar baru (Design) dapat cepat terselesaikan.

Cara Memecah Obyek Menggunakan Explode Autocad


OK! setelah membaca dan memahami pada penjelasan diatas langsung saja ikuti langkah-langkah menggunakan perintah Explode berikut ini:

1. Download dwg CAD file untuk praktek pada tautan itu
2. Buka lembar kerja AutoCAD atau langsung buka file dwg yang sudah di download. Pada contoh yang saya berikan tersebut, semua garis dalam kondisi Join atau berbentuk Polyline.

3. Selanjutnya ketikkan shortcut perintah Explode. X lalu tekan enter.
Note: Jangan salah mengetikkan EX karena perintah itu digunakan untuk EXTEND

shortcut keyboard explode autocad

4. Setelah anda masuk pada perintah Explode dan kursor sudah aktif untuk command. Sekarang perhatikan pada keterangan Command Bar pada gambar diatas yaitu Autocad memerintah untuk “Select objects”. Lalu klik pada obyek Polyline yang akan dipisahkan.

cara menggunakan explode di autocad 2010
5. Kemudian perhatikan pada status Command Bar dibawah ini “Select objects: 1 found”. Ini untuk indikasi bahwa anda telah memilih satu objek Polyline.

cara memecah garis di autocad

Dibawah ini untuk tampilan objek yang telah terpilih dilembar kerja Autocad, ditandai dengan garis putus-putus.

cara lihat hasil explode autocad

6. Langkah selanjutnya tekan ENTER untuk meng-iyakan perintah EXPLODE. Lihat dan anda telah berhasil ! untuk membuktikan dengan menyeleksi salah satu garis maka semua garis akan menjadi terpisah.

Explode Autocad sendiri dibuat atau diciptakan oleh developer Autodesk untuk lawan perintah PEDIT, jadi begitulah tutorial untuk memecah garis di Autocad menggunakan perintah Explode. Setidaknya cara ini membantu anda yang lagi cari tutorial bergambar dengan penjelasan yang sederhana.

Sebarkan ilmu yang bermanfaat untuk saudara kita, semoga kita terus mendapatkan tambahan ilmu dengan melakukan hal kecil untuk mereka. Amin,Wassalam.

2 Responses to "Cara Memecah Obyek Menggunakan Explode Di Autocad"

  1. makasih sangat membantu...jgn bosan share ilmu ya

    BalasHapus
  2. trimakasih atas aetikelnya yg bisa membantu kekurang tahuan tentang lawan explode

    BalasHapus