Cara Menggunakan Perintah Rectangle Pada Autocad 2 Metode

Cara Menggunakan Perintah Rectangle Pada Autocad 2 Metode merupakan tema pembahasan saat ini, artikel bergambar yang kesekian kalinya tentang panduan pemula belajar autocad dengan perintah dasar.

Command simple yang akan saya buat tutorial ini, termasuk perintah sederhana yang banyak fungsinya. Contoh untuk membuat Polyline kotak persegi atau persegi panjang yang dimanfaatkan sebagai objek tertentu dalam proyek gambar Auto CAD.

Definisi Rectangle Autocad


Fungsi dari Rectangle pada Autocad adalah perintah yang digunakan untuk membuat kotak Polyline dengan dimensi yang telah ditentukan atau tanpa dimensi penentu.

Tergantung dari kreatifitas Drafter pribadi, perintah ini dimanfaatkan untuk apa? Kalo saya biasanya memakai untuk buat kotak sederhana yang tidak memerlukan ukuran presisi.

Sebenarnya fungsi bisa diperluas lagi, seperti buat kotak Polyline yang telah terbagi menjadi; Chamfer, Elevation, Fillet, Thickness, Width dan bisa juga dengan spesifikasi lain; Area, Dimensions, Rotation.

Biar mudah dimengerti nanti akan saya jelaskan cara Rectangle Autocad dengan 2 metode berbeda. Anda bisa membandingkan sendiri bagaimana prinsip dasarnya.

Metode pertama


Cara Menggunakan Rectangle di Autocad Dengan Dimensi


1. Langkah pertama buka dulu software Autocad lewat shortcut di dekstop atau melalui Windows Start Program

2. Selanjutnya masukkan command Rectangle dengan mengetik shortcut “REC” lalu enter.
Kemudian akan keluar pada command bar rectangle yang berisi seperti di bawah ini

Command: rec
RECTANGLE
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]:

Coba perhatikan di command line tersebut, ini artinya Anda disuruh menentukan point pertama dari kotak. Klik saja pada display atau tentukan point Osnap dari garis, misal di MID point garis, Center point, Quadrant, Nearest dll. Jika belum paham pengertian Osnap dalam Autocad bisa baca disini.


3. Setelah Anda tentukan “First Point” selanjutnya coba seret kursor kearah yang diinginkan. Maka dalam previewnya akan terbentuk sebuah kotak dengan penentu secara diagonal.

Command: rec
RECTANGLE
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]:
Specify other corner point or [Area/Dimensions/Rotation]: 

4. Setelah keluar command bar diatas, artinya Anda disuruh menentukan “Area/Dimensions/Rotation“  apakah menggunakan Area, Dimensi, Rotasi. Karena kita akan menentukan dimensi jadi pilih Dimensions dengan ketik “D” enter


5. Kemudian masukkan “Length” dimensi yang diharapkan, dalam contoh saya memasukkan 300 lalu  tekan enter


6. Selanjutnya masukkan dimensi yang kedua “Width” yaitu 200 tekan enter. Kemudian klik pada display lagi.


7. Hasilnya akan tampak pada gambar di bawah ini


Metode kedua


Cara Membuat Rectangle dengan Autocad Tanpa Dimensi / Sembarang


1. Langkah pertama buka dulu software Autocad

2. Lalu masukkan command Rectangle dengan perintah shortcut keyboard “REC” tekan enter

3. Menentukan “First Point” terlebih dulu, selanjutnya coba seret kursor kearah yang diinginkan (bisa ke atas, bawah, kiri, dan kanan). Maka previewnya akan terbentuk sebuah kotak polyline dengan titik penentu secara diagonal.

4. Selanjutnya klik pada display untuk menentukan titik kedua “Specify other corner point “. Sehingga pada tahap ini kotak 2D persegi panjang yang Anda kehendaki sudah terbentuk dengan bebas tanpa ukuran yang ditentukan.

5. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini dengan dimensi yang tidak presisi. Karena kegunaanya memang bukan untuk tujuan membuat obyek kotak dengan ukuran.


Kesimpulan: Kedua cara diatas akan tetap dipakai baik di Autocad 2007, 2010 sampai versi terbaru, tergantung dari kebutuhan seorang Drafter Autocad. Untuk membandingkan agar mengetahui manfaat dari ke-2 cara menggunakan Rectangle Autocad tersebut, praktekan kedua metode diatas dengan tahapan yang sesuai artikel ini.

Nah kalau sudah bisa cara diatas, lalu bagaimana Cara Mudah Untuk Edit atau Memecah obyek Polyline di Autocad ?

Penutup: Sekian tutorial Autocad basic untuk perintah RECTANGLE yang bisa saya berikan gambaran dasar penggunaannya. Jika Anda pemula Autocad kembangkan terus perintah-perintah yang mungkin tidak begitu familiar ketika menggambar di software ini. Latih terus skill dan kecepatan dalam proses drawing. Maju terus Drafter Indonesia ..!


1 Response to "Cara Menggunakan Perintah Rectangle Pada Autocad 2 Metode"