Cara Membuat Chamfer di Autocad Mode Distance & Angle

Cara membuat Chamfer di Autocad dengan Distance, Angle dan panjang jarak kemiringan dari pingulan obyek. Command ini termasuk dalam salah satu perintah AutoCAD yang mungkin wajib untuk Anda pelajari, praktekkan, dan gunakan untuk menunjang awal karir Drafter yang baru Anda mulai.

Pengertian Chamfer 


Perintah Chamfer Autocad adalah jenis perintah Modify yang berfungsi untuk membuat pingul dengan kemiringan tertentu dari dua garis lurus yang berhubungan. Untuk menggunakan perintah Chamfer pada Autocad, sebaiknya Anda memahami beberapa fungsi dan prinsip dasar dari command tersebut. 

Seperti penggunaan Chamfer dengan mode Undo, Distance, Angle, Trim, Polyline, mEthode, dan Multiple. Dari ke- 7 mode tersebut, saya akan jelaskan yang sering saya gunakan yaitu Distance dan Angle.

Perbedaan Chamfer Autocad Mode Distance dan Angle


Saya akan berikan gambaran sedikit, sebelum lebih jauh mulai mengikuti tutorial ini. Jika nantinya kita akan menampilkan chamfer dengan ukuran mm saja, pada detail gambar 2D yang kita buat. Maka yang perlu digunakan adalah Chamfer mode “Distance”. Lihat gambar untuk memahami!


Lain halnya bila kita ingin menunjukkan ukuran di detail 2D dengan dimensi Derajat (Degree) dan Panjang (Length), maka yang perlu digunakan adalah Chamfer dengan mode “Angle”. Perhatikan gambar untuk lebih jelasnya!


Mungkin dengan ke- 2 uraian diatas Anda sudah bisa mengerti perbedaan dari Chamfer - Distance dan Chamfer - Angle yang akan saya jelaskan cara penggunaannya berikut ini.

Cara menggunakan perintah Chamfer di Autocad dengan Mode Distance


1. Langsung saja ketik “CHA” enter, untuk shortcut keyboard perintah Chamfer ini. Karena saya pastikan Anda sudah siap di lembar kerja ACAD nya masing-masing.

2. Ketika Anda masuk dalam command bar perintah tersebut, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana untuk memerintah mode distance. Caranya ketikkan ”d” enter  

Command: cha
CHAMFER
(TRIM mode) Current chamfer Dist1 = 0.0000, Dist2 = 0.0000 
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: d

3. Nah sekarang masukkan dimensi chamfer yang Anda harapakan. Kali ini kita akan buat seperti contoh “Perbedaan Mode Chamfer” di atas. Ketikkan 5 tekan enter untuk ukuran pertama .

Specify first chamfer distance <5.0000>: 5

4. Proses selanjutnya memasukkan distance Chamfer dengan ukuran kedua yaitu ketik 5 enter

Specify second chamfer distance <5.0000>: 5


5. Selanjutnya saat kursor aktif dan berubah menjadi kotak, langsung pilih garis / obyek pertama untuk membentuk Chamfer. Perhatikan lingkaran merah


6. Kemudian pilih garis / line kedua, klik pada garis tersebut. Tanda lingkaran merah


7. Sehingga hasilnya akan tampak seperti dibawah ini


Cara menggunakan perintah Chamfer di Autocad dengan Mode Angle


1. Ketik “cha” enter. Memakai lowercase / Caps Lock off juga tidak masalah
2. Kemudian untuk mengaktifkan mode Angle, ketikkan short cut “A” lalu tekan enter
3. Penting..! pada tahap berikutnya jangan sampai tertukar mana ukuran Derajatnya dan mana Panjangnya. Ketik 5 enter lalu 60 enter. Perhatikan command bar berikut ini

CHAMFER
(TRIM mode) Current chamfer Length = 0.0000, Angle = 0
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: a
Specify chamfer length on the first line <0.0000>: 5 -> ini untuk panjang
Specify chamfer angle from the first line <0>: 60 -> ini untuk derajat

4. Selanjutnya lakukan select obyek dengan mengikuti tahapan seperti nomor 5 dan 6 pada “mode distance” diatas.

5. Hasilnya akan tampak seperti ini

Kesimpulan dari cara membuat champer pada Autocad dengan 2 Mode pada tema uraian saat ini adalah, untuk memilih penggunan mode yang mana? Yang akan Anda pakai, tentukan dulu penarikan garis dimensi seperti apa yang diminta, berdasarkan : kepresisian, tingkat pengerjaan, kondisi dilapangan dll.

Jika hubungannya dengan pengerjaan dilapangan, misalnya untuk pengerjaan benda keja di mesin bubut konvensional dan benda yang dikerjaan memerlukan presisi tinggi dengan toleransi yang ketat, saya rekomendasikan memakai mode Angle

Karena ini akan memudahkan tukang bubut untuk setel Eretan mesin dengan mengikuti ukuran Sudut Chamfer yang Anda tampilkan. Meski sekarang banyak yang menggunakan mesin bubut CNC.

Terima kasih sudah membaca dan selamat mengikuti langkah demi langkahnya. Semoga bermanfaat. Salam..!

2 Responses to "Cara Membuat Chamfer di Autocad Mode Distance & Angle"

  1. Makasih min,postingannya cukup jelas :D ini yang saya cari ketemu di web ini wkwwkwk..templatenya keren kalau boleh tau nama templatenya apa min? komen balik yuk Cari Dulu | Tutorial Blogging Terbaik

    BalasHapus
  2. Cara memberi katerangan semacam leader untuk chamfer gimana yah? gimana yah? .-.

    BalasHapus