Cara Mudah Menggunakan Perintah Mirror Autocad

Definisi perintah mirror autocad

Cara mudah menggunakan perintah mirror autocad-Mirror autocad adalah perintah autocad yang digunakan untuk mencerminkan objek autocad dengan garis pencerminan yang ditentukan. Seperti sifat cermin yaitu membuat objek gambar nyata terbalik.

Untuk mengaplikasikan perintah ini anda harus memperhatikan garis pencerminan. Agar nantinya tidak binggung dan anda bisa melogika, sebenarnya seperti apa sih cara kerja perintah mirror autocad tersebut.

Perintah ini termasuk juga dalam kategori perintah modifiying object. Yang dimaksud dengan modifiying object adalah perintah yang digunakan untuk memodifikasi obyek ( menggeser, memindah, mengandakan, memutar ) gambar autocad.

Metode mirror autocad command line

Perintah mirror bisa dibagi menjadi dua metode :
  • Cara mirror autocad dengan objek yang dicerminkan tetap ada
  • Cara mirror autocad dengan objek yang dicerminkan hilang atau pindah dibalik garis pencerminan

Praktek perintah mirror autocad dengan cara pertama :

  1. Ketik shortcut perintah mirror, yaitu MI tekan enter
  2. Seleksi objek autocad, lalu tekan enter
  3. Tentukan titik pertama cermin, klik pada endpoint garis
  4. Arahkan mouse sejajar sumbu Y, maka objek akan tampak dengan garis putus-putus
  5. Ada pilihan (Y/N), langsung tekan enter maka objek akan terbentuk. Karena sebenarnya default pada pilihan (Y/N) tadi adalah N / no

Pada cara kedua, perintah mirror autocad :
Lakukan langkah yang sama pada cara pertama yaitu No 1 sampai No 4. Setelah itu pada langkah No 5 anda ditujukan pada pilihan (Y/N) disini anda harus memilih Y dengan cara ketik Y. Objek autocad akan hilang dan berpindah ke sebelah garis pencerminan.

Sekarang anda tinggal mengulang dan mengembangkan perintah mirror ini untuk kebutuhan menggambar pada tahapan belajar autocad maupun dibidang pekerjaan. Cara ini meskipun anda menggunakan versi autocad terbaru masih tetap sama. Karena si pengembang (autodesk) menerapkan standard dasar penggunakan perintah.

Sekian untuk tahap menggunakan perintah mirror autocad. Agar bisa menggunakan perintah-perintah dasar autocad yang lain maka simak terus blog ini. Apabila cara tersebut ada yang kurang dimengerti atau ada kekurangan bisa anda menambahkan pada kolom komentar. Salam lancar jaya...



0 Response to "Cara Mudah Menggunakan Perintah Mirror Autocad"

DMCA.com Protection Status