Pengenalan Object Snap Pada AutoCAD dan Cara Mengaktifkan Osnap

Inilah pengenalan Object Snap pada AutoCAD dan cara mengaktifkan Osnap, semoga saja dari artikel panduan kali para pemula autocad otodidak menjadi paham. Untuk penggunaan Osnap di autocad dapat anda lihat contohnya dari tulisan saya saat ini.

Osnap pada autocad adalah salah satu fasilitas penting yang banyak fungsinya loh. Object Snap atau disingkat Osnap berfungsi untuk memudahkan pada saat menggambar di autocad serta dapat mempercepat menentukan pilihan point dengan hasil yang akurat atau presisi. Pengertian Snap sendiri bisa dijelaskan dengan sebuah mode untuk memunculkan titik pada program gambar autocad.

Jadi misalnya kita akan membuat objek garis yang posisi point awalnya kita taruh di Quadrant lingkaran maka dengan Osnap kita bisa menentukan titik awal tersebut secara cepat. Tanpa memilih point secara manual dan enaknya lagi kalau kita menggunakan trik cepat autocad untuk pemilihan point dengan metode ini, jika memilih Osnap Quadrant maka Osnap lainnya akan mati atau tidak aktif.

Tentunya kelebihan lain akan kita rasakan kalau untuk membuat garis yang berada di Osnap Tangent lingkaran. Dengan memerintah mode osnap Tangent maka kita bisa menentukan point garis tersebut tepat di Tangent lingkaran. Biasanya kita akan kesulitan kalau tidak memakai trik ini apalagi untuk memposisikan garis tepat pada tangent lingkaran autocad

Cara Menampilkan Toolbar Object Snap (Osnap) di Autocad 

Dari panduan ini adalah cara untuk mengaktifkan Osnap pada autocad dengan gabungan tombol. Jika salah satu Osnap sudah aktif maka Osnap lainnya akan mati. Jadi sangat bermanfaat sekali untuk menampilkan Osnap lebih cepat dalam proses pembuatan gambar di autocad. Misalnya menentukan Quadrant lingkaran jika objek yang akan dibuat adalah garis di titik Quadrant tersebut, seperti contoh ini.

1. Masukkan sebuah perintah autocad apa saja. Misal L enter kemudian tekan shift+klik kanan.
2. Atau langsung tekan shift+klik kanan lalu arahkan kursor pada display lembar kerja autocad anda.
3. Lebih jelasnya anda bisa perhatikan gambar berikut! dalam contoh penerapan Osnap autocad itu, saya akan memerintah Line untuk menuju Osnap lingkaran atau Osnap Quadrant. Maka garis yang akan saya buat akan langsung nge-link di Quadrant lingkaran.
cara mengaktifkan osnap pada autocad
Contoh Object Snap Autocad
Lihat juga biar lebih jelas tentang contoh penerapan Osnap disaat menggunakan perintah Break di Autocad.

Cara Mengaktifkan Osnap Pada AutoCAD

Dari panduan yang berikut, sobat pembaca akan saya arahkan untuk mengaktifkan semua osnap di autocad. Jadi saat semua Osnap aktif, misalnya anda mengarahkan kursor ke objek garis maka semua snap seperti Endpoint, Midpoint, Nearest, Intersection dan lainnya akan langsung terdeteksi. Pastinya tanpa harus mencari midpoint pada autocad dengan cara manual.

1. Ketikkan shortcut keyboard OS enter.
2. Maka akan keluar sebuah menubar untuk mengaktifkan Osnap dan menonaktifkan Osnap.
3. Tekan select all maka semua osnap akan aktif > OK
4. Tekan clear all maka semua osnap akan nonaktif > OK
Cara Setting Osnap Autocad

Seperti itulah pengenalan object snap autocad dan cara mengaktifkan osnap yang bisa anda terapkan disaat pengerjaan gambar autocad 2 dimensi dan 3 dimensi. Nantinya akan berfungsi jika menggambar objek di autocad untuk apa saja dalam memposisikan titik yang pas. Apalagi untuk pengerjaan gambar 3D tentu banyak membantu kita. Sekarang anda tak perlu bertanya lagi bagaimana cara memunculkan titik tengah pada autocad atau titik point lainnya. Semoga bermanfaat dari postingan saya kali ini. Good luck..!

0 Response to "Pengenalan Object Snap Pada AutoCAD dan Cara Mengaktifkan Osnap"

DMCA.com Protection Status