Cara Membuat Lingkaran di AutoCAD Dengan Metode R dan D

Cara membuat lingkaran di Autocad memang sangat diperlukan untuk Anda yang sedang memulai belajar program gambar yang diluncurkan AutoDesk tersebut. Seperti yang kita ketahui kalau obyek lingkaran Autocad sangat vital fungsinya selain garis lurus. Dalam contoh di panduan kali ini saya membagikan dengan dua cara untuk membuat lingkaran dengan command CAD 2 dimensi.

Yang pertama dengan menentukan dimensi jari-jari (r) lingkaran sebagai perintah untuk membuat lingkaran autocad. Lalu yang kedua adalah dengan cara memasukkan ukuran diameter (d) jika Anda akan menggambar lingkaran yang diketahui memang diameternya. Kalau di sebutkan 4 jenis metode pembuatan lingkaran di Autocad memang sangat bagus selain dua metode ini namun tergantung kebutuhan desain.

Apa Saja 4 Jenis Metode Pembuatan Lingkaran di Autocad?


  • Center, Radius: Dengan metode ini artinya kita bisa membuat lingkaran di autocad dengan titik pusat lingkaran sebagai titik awal lalu memasukkan ukuran radiusnya dalam contoh ini pada metode pertama.
  • Center, Diameter: Nah kalau yang satu ini merupakan metode untuk membuat lingkaran pada autocad dengan menentukan titik center lingkaran lalu menentukan ukuran diameter lingkarannya, seperti contoh kedua.
  • 2 Point: Perintah membuat lingkran di autocad dengan metode tersebut adalah pembuatan lingkaran autocad dengan menetukan Quadrant lingkaran yang bisa dibuat dengan dua titik penentu hasilnya juga akan menjadi lingkaran penuh bukan setengah lingkaran.
  • 3 Point: Kalau yang metode ini pembuatan objek lingkaran dengan menentukan tiga titik, meski jarang sekali digunakan tapi disaat tertentu command circle autocad dengan metode ini tetap dipakai pada saat menggambar di autocad.

Sekarang coba ikuti tutorial cara membuat lingkaran di autocad. Sebagai bahan belajar Autocad dasar ada beberapa metode bikin objek lingkaran pada autocad dari kedua metode ini dulu. Perhatikan pada setiap langkah-langkah untuk membuat lingkaran autocad dari metode pertama dan kedua, cari perbedaan dari kedua metode berikut ini.

2 Metode Pembutan Lingkaran di Autocad untuk Semua Versi

#1. Cara Membuat Lingkaran di Autocad Dengan Mode Radius

Begini cara membuat lingkaran di autocad dengan memilih mode radius sebagai awalan perintah untuk memasukkan dimensi atau ukuran radius agar menjadi ukuran diameter lingkaran sesuai harapan.

1. Ketik C enter dan itulah shortcut keyboard autocad untuk membuat lingkaran atau klik di toolbar circle 

2. Tentukan titik pusat lingkaran >> klik pada sembarang display saja.!
3. Kemudian biasanya untuk mode pertama yang aktif adalah mode Radius, jadi langsung saja masukkan ukuran jari-jari lingkaran yang akan digambar. Misalnya dalam contoh ini saya memasukkan ukuran radiusnya 50 mm.
cara membuat lingkaran di autocad 2d
4. Lalu tekan enter dan hasilnya akan pas sesuai parameter yang Anda masukkan. Seperti dari contoh gambar berikut ini terlihat ukuran 100 mm jika dari langkah ketiga saya memasukkan jari-jari lingkaran ukuran 50 mm.
cara membuat lingkaran pada autocad

#2. Cara Membuat Lingkaran pada Autocad Dengan Mode Diameter

Untuk metode yang kedua ini merupakan cara membuat lingkaran autocad dengan memilih diameter sebagai perintah untuk menentukan ukuran. Jika memang yang akan digambar adalah lingkaran yang sudah diketahui ukuran diameternya. Biasanya kita bisa mengecek diameter bahan yang akan digambar dengan alat ukur sketmat atau caliper baik digital - manual.

1. Ketik C enter.
2. Selanjutnya silahkan ditentukan dulu titik pusat lingkaran >> atau klik pada sembarang display lembar kerja autocad anda.
3. Geser mouse ke arah command bar autocad lalu ketikkan D enter.
jelaskan langkah-langkah untuk membuat lingkaran
4. Lalu masukkan dimensi diameter lingkarannya.
langkah-langkah membuat lingkaran autocad
5. Langkah terakhir tekan enter dan lihat hasilnya seperti yang sudah saya tarik dimensi berikut ini ukurannya pas 100 mm.
metode pembuatan lingkaran autocad

Pada postingan lainnya saya sudah membagikan cara menggabungkan garis dan lingkaran. Dan apabila anda belum tau cara membuat garis anda bisa membaca cara membuat garis lurus di autoCAD. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..!

0 Response to "Cara Membuat Lingkaran di AutoCAD Dengan Metode R dan D"

DMCA.com Protection Status