Trik Tersembunyi: Cara Memilih Object AutoCAD Dengan Cepat

Yang saya share berikut adalah trik cara memilih object Autocad dengan cepat. Ini adalah sebuah trik penggunaan mouse pada program autocad. Trik tersembunyi ini berguna untuk mempercepat pemilihan object autocad yang lebih kecil pada posisi gambar yang rumit. Mungkin saja sudah banyak yang tahu cara ini. Tapi untuk pemula autocad sangat-sangat membantu dalam mempercepat kerja, sehingga menjadikan anda kelihatan lebih profesional.

Penggunan mouse untuk memilih garis autocad secara cepat ini hanya menentukan arah untuk blocking objeknya. Jika nanti sudah berhasil bisa anda coba untuk membalik arah blocking maka apa yang terjadi? pastinya semua garis akan ikutan terpilih. Lain halnya jika anda memakai trik ini untuk keperluan gambar yang cukup detail.

Tentu kita akan memerlukan trik-trik khusus di autocad untuk melibas kasus yang terjadi di lapangan. Misalnya kerjaan gambar autocad sudah menumpuk lalu si bos atau dosen marah-marah melulu anda bisa menggunakan trik ini...hehe nggak nyambung kan?

Trik Tersembunyi Cara Memilih Object AutoCAD Dengan Cepat

Ikuti beberapa langkah berikut! boleh segera dipraktekkan bagi semua pembaca diblog ini baik itu untuk junior autocad kita, pengguna autocad dengan tingkat menengah ke bawah atau semua orang yang ingin belajar trik autocad cepat.

1. Buatlah drawing seperti pada gambar di bawah ini atau kalau sudah punya gambar untuk praktek. langsung saja buka file .dwg yang anda punya.
trik mouse autocad
2. Klik pada display kiri bawah dari keseluruhan objek, klik saja seperti pada area di contoh gambar yang saya beri tanda nomor 1. silahkan klik di titik tersebut dan tahan.
autocad object selection trick
3. Block object autocad dengan cara menekan + tahan lalu seret mouse ke arah kanan atas. Lihat gambar dan klik saja di area yang saya beri tanda 2 dan seperti itulah arah nge-bloknya (kiri bawah ke kanan atas)
70 trik tersembunyi autocad
4. Hasil akhirnya akan seperti contoh gambar berikut ini, gimana hanya garis kecil saja yang terpilih kan.?
trik tersembunyi autocad    
Kesimpulannya adalah dengan menggunakan trick autoCAD tersebut maka akan semakin cepat untuk memilih object yang lebih kecil di bandingkan lainnya,dengan ini object lain tidak ikut kena block meskipun pada saat nge-block mengenai object lain. Lain hal kalau kita saat block dari arah kanan atas ke arah kiri bawah, semua object akan ikut terkena block. Perbedaan warna blocking yang mencolok akan terjadi tergantung dari arah anda nge-block.

Sudah saya praktekkan dengan menggunakan autocad 2010 dan autocad 2011 saat pembuatan tutorial ini. Perbedaan warna blocking di autocad yang terjadi adalah antara warna hijau muda dengan warna biru.

Semoga saja dapat menjadi trick dan tips autoCAD yang berguna untuk belajar autoCAD otodidak. Sekian share saya kali ini, mungkin bermanfaat buat anda dan teman anda bisa share ke beberapa social media di bawah ini. Kejelian dan ketelatenan akan membuahkan hasil yang optimal. Keep spirit...!

0 Response to "Trik Tersembunyi: Cara Memilih Object AutoCAD Dengan Cepat"

DMCA.com Protection Status