Cara Cepat Menggunakan Perintah Copy Di Autocad

Definisi perintah copy autocad

Cara cepat menggunakan perintah copy autocad - Pada dasarnya perintah copy autocad sama dengan perintah copy pada program komputer lainya, tetapi yang membuat beda adalah langkah menjalankan perintah tersebut. Command copy autocad ini berfungsi untuk menduplikat object autocad menjadi banyak dan sama persis. Perintah ini termasuk juga dalam kategori perintah modifikasi autocad (move, copy, mirror, rotate, array)

Mengoperasikan perintah copy autocad

Menggunakan Command copy autocad sama halnya menggunakan perintah move autocad, cara dan langkahnya hampir sama. Untuk dapat mengoperasikan perintah copy autocad anda bisa mengikuti penjelasan tutorial cara copy autocad yang saya share berikut ini. Dan perlu diingat bahwa cara ini berlaku untuk semua versi mulai dari autocad 2000, 2007, 2010 sampai versi terakhir.

Praktek command copy autocad

Para pemula autocad (awam autocad) menganggap perintah ini sedikit membinggungkan. Karena mungkin mereka belum memahami step by step metode mengaplikasikannya.

Agar bisa lancar menggunakan perintah copy tersebut, Anda bisa langsung mempraktekkan cara dibawah ini:

  1. Buka software autocad pada komputer anda
  2. Buka file dwg yang anda punya
  3. Ketik shortcut copy yaitu: CO tekan enter
  4. Blocking (seleksi) objek autocad yang akan dicopy, setelah itu tekan enter. seperti tampak pada screenshoot
    perintah auto cad
    Perintah copy autocad - select object autocad
  5. Klik pada display (basepoint). tanda panah merah
    basepoint perintah copy autocad
    Perintah copy pada autocad - Basepoint
  6. Gerakkan mouse kearah yang diinginkan. Pada contoh tombol F8 dalam kondisi non aktif, maka saya bisa menggerakkan kesegala arah dan apabila anda menekan tombol F8, maka anda hanya bisa menggerakkan sejajar sumbu X dan sumbu Y saja. Atau sumbu Z pada model 3D.
    Command copy pada autocad
    Command copy autocad-position object
  7. Klik pada display (secondpoint)
    cara mengcopy objek autocad
    Hasil perintah copy autocad
  8. Terakhir tekan esc untuk keluar dari perintah copy

Ulangi langkah tersebut secara terus menerus, agar anda bisa hafal diluar kepala. Semakin sering anda menggunakan perintah copy ini, lama kelamaan akan terbiasa juga kok...! Karena bisa dan terbiasa itu bukan karena siapa melainkan tumbuh dari diri sendiri untuk berusaha sehingga menjadi keberhasilan. :)

Sekian dulu panduan cara cepat menggunakan perintah copy di autocad. Terima kasih sudah mau mampir ke blog usang ini, pertanyaan, kritik dan saran bisa anda tinggalkan pada kolom komentar. Salam Lancar Jaya...

0 Response to "Cara Cepat Menggunakan Perintah Copy Di Autocad"

DMCA.com Protection Status