Cara Membuat Radius Di Autocad Menggunakan Fillet

Cara membuat radius di Autocad Menggunakan Fillet - Fillet adalah command Autocad yang digunakan untuk membuat radius pada obyek 2D maupun 3D. Dengan perintah ini anda dapat membuat pingul/radius pada bangun yang bersudut di sisi luar maupun dalam.

Fillet sendiri dapat dilakukan secara multiple artinya anda dapat membuat radius secara berulang-ulang dengan dimensi yang sama. Jadi apabila anda ingin menggunakan Fillet dalam jumlah banyak dan ukuran tidak beda maka tanpa mengulangi perintah dari awalpun bisa.

Pembagian command Fillet menjadi beberapa metode :

  • Undo
  • Polyline
  • Radius
  • Trim
  • Multiple
Meski penggunaan Fillet ini terbagi menjadi 5 mode pada uraian diatas. Saya akan mengambil contoh penggunaan fillet dengan mode Multiple, karena perintah ini yang menurut saya sering digunakan. Menggunakan Fillet dengan Multiple akan memudahkan anda membuat radius secara berulang dengan cepat.

Untuk membuat radius pada objek gambar 2D cukup melakukan sedikit langkah mudah. Simak caranya dan ikuti prakteknya sebagai berikut ini :

1. Buka lembar kerja Autocad entah berapapun versinya. Tapi pada contoh saya menggunakan Autocad Versi 2010

2. Setelah autocad terbuka coba buka file dwg dari gambar yang akan di edit untuk membubuhkan Radius dengan menggunakan command Fillet

3. Pada command bar ketikkan perintah shortcut keyboard yakni F kemudian tekan enter. Maka akan keluar di kolom bar seperti tampak pada screenshot


Nah, di dalam command bar tersebut terdapat
FILLET
“Current setting: Mode = TRIM, Radius = 0.000
Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple] :

4. Mungkin berbeda “Mode” di Autocad yang anda jalankan saat ini. Pada proses selanjutnya kita akan merubah menjadi Multiple Mode dengan Radius 3mm dengan cara
Ketikkan R akhiri dengan tombol enter


5. Autocad akan menanyakan dimensi radius yang anda kehendaki. Masukkan (ketik) 3 lalu enter


6. Selanjutnya pada tahap yang ini, saatnya kita perintah si FILLET dengan mode Multiple. Dengan mengetikkan shortcut keyboard M enter


7. Coba lihat langkah yang anda lakukan dan samakan dengan screenshot diatas. Setelah benar selanjutnya waktunya eksekusi garis yang akan di Radius. Perhatikan di screenshot kursur telah berubah menjadi kotak.


8. Langkah berikutnya pilih garis pertama yang akan di Fillet

9. Kemudian pilih garis kedua dengan mengarahkan kursur pada garis berikutnya seperti tampak pada gambar dibawah


10. Lakukan pada semua titik yang dikehendaki untuk pembuatan Radius. Lalu lihat hasil Fillet di Autocad sebagai berikuti ini.

Bagaimana? Sudah bisa kah untuk memahami penjelasan Cara Membuat Radius Di Autocad Menggunakan Perintah Fillet. Perintah tersebut dapat juga diterapkan pada objek gambar 3D. Walaupun anda tidak menghendaki membuat banyak radius masih bisa menerapkan tutorial ini, dengan cara melewati langkah perintah mode Mutiple.

Catatan : Meskipun garis pertama dan garis kedua yang akan di Fillet tidak saling berhubungan atau terpisah, jangan kawatir anda masih dapat membuat radius dengan perintah Fillet ini.

Sekian tutorial belajar Autocad untuk pemula yang sengaja saya buat untuk panduan dasar Autocad, bagi yang merasa master lewat dulu. Atau bisa juga menambahkan tips dan trik penggunaan Fillet di Auto CAD apabila mempunyai langkah yang berbeda dengan cara diatas. Salam Drafter Indonesia!

0 Response to "Cara Membuat Radius Di Autocad Menggunakan Fillet"